167, 663 views

 927 Likes    34 Dislikes


Panduan Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online
IndonesiaBaikID

IndonesiaBaikID

Published on 2 years ago






Pada dasarnya, Faskes yang tertera pada kartu peserta BPJS Kesehatan adalah pilihan dari pemegang kartu tersebut. Namun, sering kali ada banyak peserta yang berkeinginan untuk menggantinya dengan Faskes lainnya. Hal ini bisa saja terjadi karena berbagai macam alasan, seperti: Peserta menganggap Faskes yang dipilihnya kurang tepat dan tidak sesuai dengan harapannya; Faskes yang dipilih tidak memiliki sejumlah fasilitas yang mumpuni. Yang sesuai dengan kebutuhan peserta tersebut; Tidak mendapatkan pelayanan yang baik di Faskes yang dipilih; Jarak Faskes cukup jauh dari tempat tinggal peserta; Peserta pindah rumah dan mengakibatkan jarak Faskes dengan domisili peserta menjadi sangat jauh; Berbagai macam alasan dan pertimbangan lainnya.

Hal-hal di atas bisa menjadi alasan mengapa peserta BPJS berniat untuk mengganti Faskes yang akan digunakan olehnya selaku peserta BPJS Kesehatan. Tindakan seperti ini bisa saja dilakukan. Pihak BPJS sebetulnya tidak membatasi berapa kali peserta dapat pindah Faskes. Boleh 3 bulan sekali, asalkan sesuai dengan kebutuhannya. Jadi tidak bisa juga seenaknya mengubah Faskes, apalagi tanpa alasan yang jelas atau mengada-ada.

Melalui aplikasi mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) BPJS Kesehatan untuk memudahkan masyarakat mengakses beragam informasi seputar BPJS, perdaftaran, riwayat pelayanan peserta, dan pengaduan keluhan. Bukan hanya itu saja, pada aplikasi tersebut juga memudahkan masyarakat yang ingin melakukan perubahan data, khususnya penggantian Faskes.

Caranya: Pastikan masih ada ruang penyimpanan aplikasi pada smartphone Unduh aplikasi JKN di Playstore atau Appstore; Daftarkan diri Anda jika menjadi pendaftar peserta baru dengan
memasukkan beberapa data pribadi mulai dari nomor BPJS yang tertera pada kartu, email, KTP dan sebagainya; Jika sudah menjadi peserta lama langsung saja Login dengan nomor kartu BPJS; Pilih “Ubah Data Peserta” pada Menu tampilan utama; Pada kolom Faskes, nantinya akan ada popup untuk pilih provinsi, kabupaten dan pilihan Faskes; Tunggu dan dapatkan kode verifikasi melalui email atau nomor telepon yang terdaftar; Setelah diverifikasi, Anda bisa langsung konfirmasi perubahan data tersebut.

Perlu diingat, setelah perubahan Faskes tersebut, Anda tidak bisa langsung menggunakannya, sebab tidak langsung aktif dan butuh proses. Faskes yang baru akan aktif pada satu bulan berikutnya. Selama masih menunggu proses penggantian Faskes tersebut aktif, Faskes yang lama masih bisa digunakan untuk berobat.

#IndonesiaBaik #BPJSKesehatan #YangMudaSukaData

---

Ikuti media sosial kami

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai...
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai...
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

---

http://indonesiabaik.id/


Comments :

Bang Nawi

Bang Nawi . 2 weeks ago

Terima kasih

Astri Astri

Astri Astri . 1 month ago

Saya mau tanya kak apa bisa pindah faskes tp tdk semua anggota keluarga anggotanya ada 3 rencananya saya yg mau pindah faskes

putra Pasundan

putra Pasundan . 1 month ago

Ka kalo lupa ga milih 1 keluarga untuk pindah ya gimana cara ya biar pindah semua

Nur Mujiono

Nur Mujiono . 1 month ago

Saya mau pindah faskes pas minta kode verifikasi lewat no hp ko gak bisa ya padahal nomernya udah bener

Barkah Susanto

Barkah Susanto . 1 month ago

Kalau no hp ma emaile sudah ganti bisa gk ya

EDYDONG EDY

EDYDONG EDY . 2 months ago

Kalau no HP sudah ganti gmana ya?

Suzana Merry

Suzana Merry . 2 months ago

Loginnya susah

kangDALTONae

kangDALTONae . 2 months ago

Bikin cenel tp ga jawab keluhan apa ini copas

Novi Anggraeni

Novi Anggraeni . 3 months ago

Saya punya dr bpjs namanya dr elida dlu di cimpaun tlong ksih tau sk4ang ada d8mana

Waris Wandono

Waris Wandono . 3 months ago

Setelah itu untuk fisik kartunya didapat dari mana

Yusuf Firdaus

Yusuf Firdaus . 3 months ago

Maaf saat saya pindah faskses, ada tulisan format number salah, itu gimana ya?

Finta Martiviani

Finta Martiviani . 4 months ago

Tak semudahbitu furgusoo.. ganti lewat mjkn ga bisa²

Sukardi Kardi

Sukardi Kardi . 4 months ago

Gw begitu tetep ga bisa

Tan boenkim

Tan boenkim . 4 months ago

Gimana mau daftar,aplikasinya aja error mulu

Tata Ladiva

Tata Ladiva . 4 months ago

Knpa pas di tlfn ga bisa padahal aku punya pkt nlfn?

Tata Ladiva

Tata Ladiva . 4 months ago

Bntu jawab dong ka, bg Knpa pas aku mau daftar baru, mau ngubah askes trus di suruh masukan no hp, tapi mlh ga bisa, ktnya no nya kayk ga terdaftar, padahal no yang aku masuk masih aktif

Fifi & Irwan

Fifi & Irwan . 4 months ago

saya coba masuk ke app jkn mobile utk merubah faskes .tapi selalu keluar notif transaksi belum dapat diproses, tunggu bbrp saat lagi. itu knp ya? sy minta solusinya thx

Hermansyah Jawa

Hermansyah Jawa . 4 months ago

UDAH COBA GABISA

Shopa Adillah

Shopa Adillah . 4 months ago

Mau nanya tapi dibawah ga ada yg dijawab, yaudah ga jadi nanya nya 😳

naylaa_hasan

naylaa_hasan . 4 months ago

Kalo no.handhpone nya lupa gimana caranya

sisri handayani

sisri handayani . 4 months ago

Mau nnya KK,,saya mau pindah klinik BPJS Krn pindah domisili,cm setelah saya mndaftar di jln saya gk bisa login Krn nmr hp saya berbeda dgn yg terdaftar dlu Krn udh ganti nmr...gmn cara nya biar bisa login dgn nmr hp yg baru ,,Krn di hubungi call center nya nmr nya busy trus

MAK ONGKA TV

MAK ONGKA TV . 4 months ago

Kk setelah memgubah faskes 1 apakah kartu bpjs bisa lsg di gunakan berobat di faskes 1 yg baru atau nunggu beberapa waktu

firdaus zainal

firdaus zainal . 4 months ago

Peserta bpjs perusahaan klo pindah faskes scra online, apakah tidak ada masalah???misal perusahaan tidak bisa membayar premi??

RD.RISKI JULIYANTO

RD.RISKI JULIYANTO . 5 months ago

Jika sudah merubah fasilitas kesehatan pertama ke fasilitas kesehatan ke dua, lalu mau ubah kembali apakah tidak bisa sebelum 3 bulan? Saya mau merubah lagi ke awal?

alicia ventiana

alicia ventiana . 5 months ago

Bagus sekali sangat bermanfaat. Juga utk aplikasi dan cs bpjs sangat cepat dan gesit sehingga semua dimudahkan by online. Saya kaum millenials sangat terbantu. Terima kasih bpjs

Muhammad Anas Cinema

Muhammad Anas Cinema . 5 months ago

Apakah bisa pindah gak yah dari kartu BPJS Mandiri ke BPJS Ketenagakerjaan... mohon infonya

AL01

AL01 . 5 months ago

Terus habis itu harus ngurus ke kantor bpjs juga? Plis jelasin yang ngerti dong, saya lgi butuh banget ini:(

Saindra Santyadi

Saindra Santyadi . 5 months ago

ga bs nerima OTP. Users is in Blacklist katanya, kenapa itu??

Daplun plunda

Daplun plunda . 5 months ago

Untuk saya sebagai kepala keluarga sudah berhasil pindah faskes, bagaimana untuk memindahkan faskes anggota keluarga? Mohon bantuan dalam tutorial 🙏

Klinik Nurjaya

Klinik Nurjaya . 5 months ago

izin share kak...

auren anne

auren anne . 5 months ago

Kalau minta ganti pindah Rumah Sakit rujukan , gimana

Dini Santika

Dini Santika . 5 months ago

Mau nanya nih kalo kita cuman ubah faskes kita aja tapi yg keluarga kita itu tetap faskes awal itu bisa ga yaa

WAHYU PRATAMA ADY PRIMANTO

WAHYU PRATAMA ADY PRIMANTO . 6 months ago

kartunya?

pemburu badai

pemburu badai . 6 months ago

Kl user id lupa gmn y?jadi ga bisa masuk alpikasi ny

Pejuang pemula

Pejuang pemula . 6 months ago

Untuk pemindahan faskes di perlukan 1bulan ya bu

Ristiarr

Ristiarr . 6 months ago

kenapa ada tulisan low balance terus

Ulliya watik

Ulliya watik . 6 months ago

Popup verifikasi faskes g kluar gmn solusinya?

Helena Henukh

Helena Henukh . 6 months ago

Mau tanya dong bagaimana cara pemisahan bpjs. Bpjs saya masih gabung sama kaka jd slama ini kaka yang bayar. Skrng maunya pisah supaya bisa bayar sendri2 gimana yah.

Bukan Batak KW

Bukan Batak KW . 7 months ago

Gw riset berulang-ulang kata sandi. Kaga ada email masuk. Coba pencerahannya

Hilda Dewi

Hilda Dewi . 7 months ago

Serba online jadi ribet 😭

Apriliya 29

Apriliya 29 . 7 months ago

Saya TDK bs karna email-nya salah karna dlu email-nya yg buat kantor

hisana channel

hisana channel . 7 months ago

Berapa hari ya klau ganti,faskes secara online

Samuel Aditya

Samuel Aditya . 7 months ago

kalau pas daftar sdh pilih dokter faskes pertama tapi beberapa hari kemudian dokternya meninggal trus gantinya gmn?

andreas dres

andreas dres . 7 months ago

Ribet banget pake online dah gitu ga konek².emang y bpjs ga ad tenaga kerja manual yaa

xxx xxx

xxx xxx . 8 months ago

Sistem online musim korona bukan mempermudah justru mempersulit masyarakat untuk mengurus, saya tanya kepihak bpjs katanya daftar online, langkahnya panjang banget padahal cuma mau pindah faskes sama mau rubah data alamat saja kenapa harus dibuat ribet sya yg masih muda saja bingung apalagi orang yg kurang pengetahuan di online tambah bingung

xxx xxx

xxx xxx . 8 months ago

Aplikasi mobile jkn sering eror tidak bisa masuk itu kenapa ya, padahal saya mau daftar akun

Joko Sudi Hartono

Joko Sudi Hartono . 8 months ago

Terimakasih telah membantu

Gunawan Suryana

Gunawan Suryana . 8 months ago

Sudah ganti fakses di aplikasi JKN dari dokter a ke dokter b dan ga bisa diubah lagi ke dokter c atau D . Nah pertanyaannya setelah pengubahan faskes itu , kok di dokter b nya tdk terdaftar ya dan status nya masih di dokter a ... mohon info nya kak ?

Rian Bigbrain

Rian Bigbrain . 9 months ago

Trs krtu nya gmn

raisya imania

raisya imania . 9 months ago

Aplikasinya GK berfungsi Tolong diperbaiki lagi,membingungkan.sudah benar isi data selalu pasword salah



Report form

Related Videos





Copyright © 2021 YoutubeID. All Rights Reserved
Made with by YT-API.COM